SEJARAH SINGKAT, VISI, MISI DAN TUJUAN
PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA TAHUN 2016
I. SEJARAH
Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Jambi yang diresmikan dan mendapat izin penyelenggaraan Jenjang Program Diploma pada tanggal 9 Juli 2003 (SK Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia : 102/D/O/2003). Program Studi ini mempunyai sejarah yang panjang dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi Teknik Elektronika (TE).
Seiring dengan perkembangan Kurikulum 2008 dan kebutuhan masyarakat serta industri TE-POLJAM membuka layanan Pendidikan yang dapat di akses bagi para lulusan SMK/SMA sederajat untuk melanjutkan Pendidikan lebih tinggi secara Vokasi. Pada tahun 2003, Program Studi Teknik Elektronika resmi beroperasi. Oleh karena itu saat ini TE-POLJAM menyelenggarakan pendidikan yang konsentrasinya adalah Instrumentasi, yaitu konsentrasi yang lebih mengedepankan Elektronika Industri yang akan berlangsung 6 semester dengan total kredit 110 SKS.
II. VISI
Menjadi program studi yang unggul dibidang inovasi rekayasa otomasi pada industri manufaktur dan pertambangan ditingkat regional pada tahun 2025.
III.MISI
- Menyelenggarakan pendidikan yang terintegrasi guna mencetak lulusan yang profesional dan berakhlak mulia.
- Menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang instrumentasi otomasi industri, khususnya commissioning system pada industri manufaktur maupun pertambangan.
- Membangun kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi dengan industri manufaktur maupun pertambangan guna memperkuat link & match kurikulum dalam mencapai mutu dan kemandirian.
IV. TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dan pemahaman keahlian dibidang otomasi industri di lingkup industri manufaktur maupun pertambangan.
- Membangun sumber daya manusia Prodi Teknik Elektronika - Politeknik Jambi yang tidak hanya profesional dibidangnya, namun juga memiliki budi pekerti yang luhur.
- Menjadikan ProdiTeknik Elektronika - Politeknik Jambi sebagai kiblat riset dibidang sistem otomasiyang siap dan layak diimplementasikan dimasyarakat.
- Membangun kemitraan dengan lndustri, khususnya industri manufaktur maupun pertambangan, guna menunjang Link and Match kurikulum, dengan berperan serta dalam penyusunan kurikulum, industri mengajar, industri sarana magang, dan rekrutment pekerja.